Lepas Ekspor Produk Indonesia ke Arab Saudi, Mendag Dukung UMKM Halal Hub Oleh Goorita

Wisata Halal  
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) melakukan peresmian UMKM Halal Hub di Jakarta sekaligus melepas ekspor produk asli Indonesia ke Arab Saudi dengan Nominal transaksi mendekati 1 juta dolar AS yang dilakukan di UMKM Halal Hub Jakarta, Sabtu (1/10/2022).  (Foto: Dok Goorita)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) melakukan peresmian UMKM Halal Hub di Jakarta sekaligus melepas ekspor produk asli Indonesia ke Arab Saudi dengan Nominal transaksi mendekati 1 juta dolar AS yang dilakukan di UMKM Halal Hub Jakarta, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Dok Goorita)

DESTINASI -- UMKM Halal Hub merupakan sebuah strategi yang dilaksanakan oleh Goorita dan merupakan program Global Halal Hub sebagai sebuah gerakan nasional yang telah digulirkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin pada tanggal 27 Januari 2022 yang lalu.

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholders) mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global. Goorita melihat potensi produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan UMKM di daerah dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global.

Terkait upaya tersebut di atas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan peresmian UMKM Halal Hub di Jakarta sekaligus melepas ekspor produk asli Indonesia ke Arab Saudi dengan Nominal transaksi mendekati 1 juta dolar AS yang dilakukan di UMKM Halal Hub Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Goorita dengan berharap UMKM Halal Hub dapat menjadi katalisator bagi UMKM Indonesia sehingga dapat lebih berperan di pasar internasional dan secara khusus juga dapat mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Halal Dunia," ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

“Goorita dan Global Halal Hub ini sungguh satu misi yang amat mulia yang digerakkan oleh UMKM. Kalau dibandingkan seperti perjuangan kemerdekaan, ini berat, tidak mudah, oleh karenanya kita dukung penuh. Lulu Supermarket saja bisa buka Supermarket di Indonesia , jadi kita Indonesia harus bisa buka Supermarket di Arab Saudi minimal ada di Jeddah, Madinah dan Mekkah,” ujar Mendag Zulkifli dalam pidatonya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga dari kiri) mendukung penuh, ibaratnya dengan cara total football, UMKM Halal Hub yang dilaksanakan oleh Goorita. (Foto: Dok Goorita)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga dari kiri) mendukung penuh, ibaratnya dengan cara total football, UMKM Halal Hub yang dilaksanakan oleh Goorita. (Foto: Dok Goorita)

Lukmanul Hakim selaku staf khusus Wakil Presiden RI dalam sambutannya mengatakan, UMKM Halal Hub ini diharapkan mampu membantu produk UMKM Jakarta agar mampu naik kelas dan menjadi salah satu daerah contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan produk halal di daerah menuju pasar global. Sehingga, dapat mewujudkan Indonesia menjadi negara produsen halal nomor satu dunia.

“UMKM Halal Hub juga diharapkan menjadi hamzah washal atau offtaker (penjamin komoditas) yang bisa mengakselerasi hilirisasi produk pertanian, perkebunan kelautan serta produk kreatif daerah sehingga menjadi produk yang bisa dipasarkan secara global", kata Lukmanul Hakim.

CEO Goorita Yuwono Wicaksono memaparkan bahwa "UMKM Halal Hub pertama di Jakarta ini adalah program nyata sinergisitas antara swasta dan pemerintah daerah yang kami bangun setelah pembangunan dan peresmian di daerah Sidoarjo, Sumenep dan Kampar serta kami Goorita siap membantu dan membawa produk lokal dan UMKM Indonesia agar siap bersaing dan mampu menjadi raja dan motor penggerak perekonomian daerah."

Turut hadir dalam acara ini Suhanto (sekjen Kemendag), Didi Sumedi (dirjen PEN), Eko Hartono (Konjen Jeddah) bersama ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas, dan kepala DEKS BI Arief Hartawan serta jajaran.

UMKM Halal Hub diharapkan menjadi salah satu langkah strategis yang terintegrasi yang akan menjadi kekuatan ekonomi nasional Indonesia serta menjadi andalan pengembangan UMKM dan produk halal menjadi raja di pasar global.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image