Ngopi Sambil Ngobrol Literasi ala KMO Indonesia

Pendidikan dan Literasi  
Founder KMO Indonesia Tendi Murti menyampaikan materi pada acara Kopdar KMO Indonesia di Malang, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Dok KMO)
Founder KMO Indonesia Tendi Murti menyampaikan materi pada acara Kopdar KMO Indonesia di Malang, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Dok KMO)

DESTINASI -- Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, Komunitas Menulis Online (KMO) Indonesia menyelenggarakan seminar dan diskusi literasi di Hotel Sahid Montana Malang, Sabtu (1/10/2022).

“KMO Indonesia aktif mengadakan seminar literasi dalam skala besar setiap tahunnya dengan tajuk ‘Jumpa Penulis’. Namun, pandemi yang menerjang Indonesia membuat kami berpikir untuk tetap mengadakan acara tersebut dengan skala kecil dan di beberapa tempat,” kata CEO KMO Indonesia, Ade Kurniawan.

Ia menambahkan, tercetuslah acara yang bernama “Kopdar KMO Indonesia”. Kota pertama yang dipilih tentu saja Cirebon, di sana terdapat kantor KMO Indonesia. Acara di Cirebon berlangsung pada bulan Juli 2022 dan tergolong sukses. "Saya senang dengan kehadiran teman-teman di Cirebon, apalagi ada yang berasal dari ujung timur pulau Jawa," ucap Ade setelah acara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Malang terpilih sebagai kota penyelenggara berikutnya. Peserta yang mendaftar cukup banyak dan bukan hanya dari Malang, tetapi beberapa daerah di Jawa Timur. Acara ini bukan hanya untuk alumni program KMO Club yang diadakan oleh KMO Indonesia, melainkan juga masyarakat umum yang tertarik dalam dunia literasi.

Pemateri di Malang adalah Tendi Murti yang sekaligus founder KMO Indonesia dan Luluk HF, penulis nasional yang berasal dari Malang. Mereka berdua membawakan materi yang up to date dengan kondisi literasi di Indonesia. "Tujuan saya mendirikan komunitas ini untuk menciptakan satu juta penulis baru di Indonesia," ungkap Tendi Murti.

Tendi juga mengungkapkan, "Saya bersama KMO Indonesia ingin berkontribusi dalam memajukan dan mengembangkan literasi di Indonesia. Oleh karena itu, KMO Indonesia menyediakan banyak kelas online untuk mereka yang suka dengan literasi."

Selain itu, KMO Indonesia juga mengadakan seminar secara offline. "Kami ingin mempertemukan para penulis untuk saling memotivasi dan menyemangati sehingga literasi Indonesia terus maju", tutur Tendi. Tertarik dengan kegiatan menulis ala KMO? Yuk stalking ig-nya di @kmoindonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image