KPI Aceh Siap Berikan Anugerah kepada Lembaga dan Insan Penyiaran

News  
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh akan memberikan anugerah KPI Aceh Award 2022 bagi lembaga dan insan penyiaran di Aceh, pada 21 Oktober 2022.
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh akan memberikan anugerah KPI Aceh Award 2022 bagi lembaga dan insan penyiaran di Aceh, pada 21 Oktober 2022.

DESTINASI -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh bersiap menyelenggarakan pemberian anugerah KPI Aceh Award 2022 bagi lembaga dan insan penyiaran di Aceh.

Anugerah KPI Aceh 2022 ini merupakan agenda perdana KPI Aceh guna melihat perkembangan industri penyiaran di Aceh. “Anugerah ini menjadi bagian dari penilaian KPI Aceh terhadap proses kreatif dari kreator yang bekerja di lembaga penyiaran. Sekaligus sebagai bagian dari pertimbangan administratif dalam melakukan evaluasi lembaga penyiaran,” kata Ketua KPI Aceh Faisal Ilyas melalui siaran pers, Selasa, 4 Oktober 2022.

Faisal Ilyas menjelaskan, Anugerah KPI Aceh tahun 2022 yang bertemakan "Aceh Bicara Baik" mengapresiasi hasil karya insan kreatif dunia penyiaran, yakni telah menyuguhkan tayangan yang mampu menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai kearifan lokal, serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat guna mewujudkan pemerataan, memperkuat daya saing bangsa dalam era globalisasi dan ikut membangun iklim persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran dan industri terkait.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Arus digitalisasi penyiaran yang semakin deras harusnya menjadi penyeimbang informasi dalam industri penyiaran. Kehadirannya untuk mempersatukan bangsa dan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal, agama dan budaya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sasaran Anugerah PI Aceh adalah untuk apresiasi Lembaga Penyiaran Televisi dan Radio di Provinsi Aceh. Dan tujuan kita yaitu untuk mengevaluasi lembaga-lembaga penyiaran dengan memberikan penghargaan pada program program siaran di televisi dan radio yang inspiratif dan berkualitas, “ ujar Faisal Ilyas didampingi Wakil Ketua Acik Nova.

Faisal Ilyas juga mengatakan, pemberian anugerah ini diharapkan dapat memacu persaingan antarlembaga penyiaran untuk menumbuhkan industri penyiaran Indonesia yang sehat. Selain itu juga diharapkan dapat mendorong lembaga penyiaran mampu memproduksi dan menyiarkan program siaran yang dapat membentuk karakter bangsa dan kearifan lokal yang berlandaskan syariat Islam serta meningkatkan kesadaran lembaga penyiaran untuk menyuguhkan program siaran yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, katanya lagi menambahkan, penilaian program siaran sesuai dengan kategori yang dinilai. Penilaian ini, kata Faisal Ilyas, dilakukan oleh tim juri yang sudah ditunjuk sesuai dengan kapasitas dan kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Komisioner KPI Aceh bidang pengawasan isi siaran, Teuku Zulkhairi mengatakan, kegiatan puncak pemberian Anugerah KPI Aceh 2022 akan dilangsungkan pada tanggal 21 Oktober 2022 di Hotel Hermes Palace, Kota Banda Aceh.

Adapun yang menjadi kategori penilaian bagi Televisi adalah Program Talkshow Berit, Program Talkshow Non Berita, Program Bahasa Lokal Aceh, Program Berita / Jurnalistik, Program Peduli Anak dan Perempuan, Program Peduli Syiar Islam, Program Peduli Pendidikan dan Layanan Masyarakat.

Sementara itu, kategori untuk Radio yaitu Program Talkshow Berita, Program Sia ran Berbahasa Aceh, Program Peduli Anak dan Perempuan, Program Peduli Syiar Islam, Program Wisata Budaya lklan Layanan Masyarakat, Program Khusus Radio, Perbatasan dan Daerah Tertinggal serta Penyiar Radio Non Berita.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image