Rancang Akselerasi Jurnal, Rumah Jurnal UIN Bukittinggi Gelar Rapat Pengelola

Pendidikan dan Literasi  
Suasana rapat pengelola Rumah Jurnal UIN Bukittinggi.
Suasana rapat pengelola Rumah Jurnal UIN Bukittinggi.

DESTINASI -- Rumah Jurnal Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi selalu berupaya meningkatkan mutu dan kualitas jurnal yang diterbitkan. Hal itu dilakukan melalui rapat pengelola Rumah Jurnal, Jumat (7/10/2022).

Kegiatan rapat ini digagas untuk memotivasi para pengelola, karena jurnal kampus merupakan roh dari eksistensi sebuah perguruan tinggi bahkan menjadi salah satu tolok ukur menilai kemajuan sebuah Perguruan Tinggi. Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan aktifnya para pengelola jurnal dalam memperbaiki kualitas Jurnal yang dipublikasikan melalui jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

Rapat pengelola jurnal ini dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 3 yang dihadiri oleh rektor, Wakil rektor I, Ketua Rumah Jurnal, serta seluruh pengelola jurnal. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Prof Dr Ridha Ahida MHum membuka acara rapat kerja pengelola jurnal. Dalam pengantarnya, rektor menyampaikan harapan besar untuk kemajuan kualitas Rumah Jurnal, tidak hanya dari segi substansi namun juga dari segi teknis dan manajemen keuangan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Percepatan pencairan dana dengan pelaporan dan prosedur yang sejelas-jelasnya bagi jurnal yang sudah terbit supaya dikoordinir sedemikian rupa,” kata Prof Ridha.

Lebih lanjut, ia memberikan tantangan kepada pengelola Rumah Jurnal untuk menggelar kegiatan seminar internasional dengan mengundang peserta dari belahan dunia untuk bertukar pendapat mengenai isu-isu yang banyak terjadi di masing-masing cluster jurnal.

“Ke depannya dinilai perlu untuk menyertakan pihak eksternal yang mumpuni di bidang jurnal dengan menggelar seminar internasional ataupun short course pendampingan jurnal. Sehingga isu-isu yang banyak terjadi dalam hambatan progress jurnal bisa dicarikan solusi bersama dengan para ahli,” ujarnya.

“Saya yakin Bapak dan Ibu yang sudah dipercaya mengemban amanah ini memiliki integritas dan spirit untuk menumbuhkembangkan jurnal kampus tercinta ini. Jurnal yang diterbitkan benar-benar yang layak terbit dan tidak melanggar standar aturan yang telah ditetapkan. Karena memelihara dan mempertahankan kualitas karya yang telah dilahirkan itu bukan merupakan pekerjaan yang mudah,” kata Prof Ridha.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sharing dan komunikasi dua arah dengan pengelola jurnal. Berbagai permasalahan dalam pengelolaan jurnal disampaikan oleh para pengelola, mulai dari aspek teknis dan non-teknis hingga mekanisme pengajuan akreditasi jurnal bereputasi nasional dan internasional.

“Semoga dengan adanya Rapat ini, semakin memotivasi pihak terkait untuk meningkatkan kualitas terbitan Jurnal UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi,” kata Prof Ridha.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image