Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Desa Dapat Mendorong Pengentasan Kemiskinan

Wisata Halal  
Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika menjadi narasumber webinar
Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika menjadi narasumber webinar "Gen's Z Responsibility to Encouragw Local Culture for Benefir of Tourism in the Future" yang diselenggarakan Kelompok Studi Bahasa Asing (KSBA) Fakuktas Hukum Universitas Diponegoro, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Dok Intani)

Destinasi.republika.co.id -- Sektor pariwisata dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 dan menjadi pintu gerbang kebangkitan UMKM nasional.

Namun pariwisata yang dikembangkan harus memberikan manfaat sebesarnya buat masyarakat setempat dan memperhatikan kearifan lokal. "Pariwisata jangan mencabut akar budaya masyarakat," ungkap Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika, dalam webinar "Gen's Z Responsibility to Encouragw Local Culture for Benefir of Tourism in the Future" yang diselenggarakan Kelompok Studi Bahasa Asing (KSBA) Fakuktas Hukum Universitas Diponegoro, Sabtu (22/10/2022).

Sebaliknya, Guntur menekankan pariwisata harus menjadikan budaya dan kearifan lokal menjadi nilai tambah dan industri pariwisata. Budaya masyarakat ini akan menjadi keunggulan kompetitif pariwisata nasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Guntur mendorong industri pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Yaitu industri pariwisata yang respek terhadap masyarakat setempat, melindungi warisan budaya, melestarikan lingkungan, serta memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

Guntur mengungkapkan kultur budaya masyarakat Indonesia yang mayoritas berpenduduk Muslim juga memberikan pasar besar bagi pariwisata halal (halal tourism). Pasar pariwisata halal dunia sangat besar, mencapai 189 miliar dolar AS. "Indonesia punya market share 12 penduduk Muslim dunia. Ini menjadi pasar besar untuk menyediakan pariwisata ramah Muslim," jelasnya.

Ia menegaskan, pariwisata halal bukan mensyariahkan destinasi. "Pariwisata halal adalah pariwisata ramah Muslim (Muslim friendly) dengan pelayanan prima (service of exellence), dan mengusung nilai-nilai etika (ethical values)," jelas Guntur.

Menurutnya, pariwisata akan menjadi pintu gerbang UMKM dan ekonomi kreatif lainnya. Diharapkan dapat melibatkan partisipasi generasi muda dan melahirkan lapangan kerja.

Generasi Z yang lahir di era digital dan terkoneksi dengan banyak budaya luar harus memahami dan mendalami budaya lokal dan budaya Nusantara yang beragam, yang bila dikemas menjadi produk ekonomi kreatif yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional. "Kita harus belajar pada Korea Selatan bagaimana mereka mampu mengekspor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal mendunia yang ditampilkan dalam lagu, film, kuliner, dan lainnya,"papar Guntur yang juga pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI).

Indonesia mendapatkan bonus demografi yang didominasi generasi muda. Ini merupakan keunggulan Indonesia dibandingkan negara-negara maju yang didominasi penduduk tua. Tapi di sisi lain bila tidak dikelola dengan baik, kondisi ini akan menjadi beban.

Mengutip data Biro Pusat Statistik (BPS) penduduk Generasi Milenial dan Generasi Alpha mencapai 64,69% dari total penduduk 270,2 juta jiwa. Sementara penduduk berusia produktif mencapai 85,57 persen.

"Usia produktif yang mendominasi berbanding lurus dengan penyediaan lapangan kerja. Apabila lapangan kerja yang tersedia tidak seimbang, pengangguran meningkat tinggi," jelas Guntur yang saat ini juga menjabat ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia.

Guntur yang juga ketua Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) mengajak generasi Z untuk mengembangkan sektor pertanian, peternakan, perikanan. Sektor ini melibatman banyak orang dan mampu mempercepat pengentasan kemiskinan. Untuk itu pembangunan ekonomi dilakukan di desa dengan mengoptimalkan potensi desa. "Dengan membangun desa akan terdistribusi ekonomi, sehingga kesenjangan berkurang, kemiskinan berkurang,"papar Guntur.

Ekonomi kreatif yang antara lain dimotori subsektor kuliner, fesyen dan kriya mampu menyerap 18 juta tenaga kerja. Sementara UMKM berskala mikro menyerap 107 juta tenaga kerja.

Di tangan Generasi Z, ekonomi kreatif dapat dikembangkan dengan mengoptimalkan teknologi digital dan sosial media. "Banyak platform yang dapat digunakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif," urainya.

Indonesia akan menjadi pemimpin pasar ekonomi digital di Asia Tenggara. Pada tahun 2025 diproyeksikan kapitalisasi pasar ekonomi digital Indonesia mencapai 133 miliar dolar atau sekitar Rp 1.826 triliun.

Guntur mengajak generasi muda, generasi milenial dan generasi alpha untuk kreatif dan inovatif dalam pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif, dan pengentasan kemiskinan.*

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image