Dihadiri Bupati Kutai Timur, STEI SEBI Selenggarakan Wisuda Sarjana Ke-17

Pendidikan dan Literasi  
STEI SEBI menggelar wisuda ke-17 di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Kamis (27/10/2022). (Foto-foto: Dok STEI SEBI)
STEI SEBI menggelar wisuda ke-17 di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Kamis (27/10/2022). (Foto-foto: Dok STEI SEBI)

Destinasi.republika.co.id -- Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) Depok kembali menggelar wisuda sarjana pada Kamis, 27 Oktober 2022. Wisuda ke-17 ini dilakukan secara tatap muka di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan.

Wisuda perdana tatap muka setelah 2 tahun pandemi covid ini mengangkat tema Bahagia dan Bangkit Bersama. Selain itu, momen bersejarah bagi wisudawan-wisudawati kali ini juga bertepatan dengan ulang tahun STEI SEBI yang ke-24.

Acara wisuda ini diisi dengan acara utama seperti laporan akademik, prosesi pengukuhan wisuda, orasi ilmiah dari Bupati Kutai Timur, dan penganugerahan wisudawan IPK tertinggi, wisudawan terbaik, wisudawan cumlaude, serta wisudawan berprestasi. Selain itu, penandatanganan kesepakatan dengan mitra kerja sama, persembahan acara dari wisudawan, kesan pesan dari wisudawan dan perwakilan orang tua serat diakhiri dengan doa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Hari ini adalah momentum bersejarah bagi wisudawan dan STEI SEBI karena wisuda kali berhasil mengukuhkan 266 wisudawan yang terdiri dari 83 lulusan Program Studi Akuntansi Syariah dan 183 lulusan Program Studi Perbankan Syariah termasuk lulusan Konsentrasi Manajemen Bisnis Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah. Dengan tambahan lulusan kali ini, maka STEI SEBI telah memiliki alumni sebanyak 2.197 lulusan” papar Dr Azis Budi Setiawan, wakil ketua I Bidang Akademik dalam laporan akademiknya.

Wisuda STEI SEBI pada Kamis,  27 Oktober 2022 memecahkan banyak rekor.
Wisuda STEI SEBI pada Kamis, 27 Oktober 2022 memecahkan banyak rekor.

Lebih lanjut, Dr Azis juga melaporkan capaian akademik wisudawan yang mampu memecahkan rekor capaian dari wisuda sebelumnya. “Ini adalah wisuda dengan peserta terbanyak di mana 85 wisudawan atau 31,9 persen berhasil memperoleh predikat cumluade. Jumlah ini adalah yang terbanyak dalam rentang 10 tahun terakhir. Wisuda 17 ini juga mencetak rekor baru dimana 113 orang mampu lulus dalam tujuh semester dan 87 persen mampu lulus tepat waktu dalam empat tahun atau delapan semester” jelas Dr Azis dengan semangat dan penuh rasa bangga”

Capaian lain juga disampaikan dalam laporan ini. “Dalam wisuda kali ini tercatat sebanyak 67 persen wisudawan sudah mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda dilaksanakan. Dalam capaian perolehan indeks prestasi akademik, IPK tertinggi adalah 3,85 dengan rata-rata IPK lulusan sebesar 3,50. Raihan IPK ini merupakan capaian yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir,” paparnya.

Setelah laporan akademik dan proses wisuda yang meriah, wisuda ke-17 ini mempersembahkan orasi ilmiah dari Bupati Kutai Timur, Drs H. Ardiansyah Sulaiman MSi. Dalam orasinya, Bupati Kutai Timur menjelaskan tentang peluang dan tantangan daerah dalam mengembangkan potensi wisata halal.

“Wisata halal adalah wisata yang mampu memberikan layanan yang sesuai dengan nilai syariah seperti memperhatikan kebersihan, layanan tempat wisata, sarana transportasi, penginapan yang memperhatikan nilai-nilai syariah. Indonesia dan daerah-daerahnya punya potensi untuk ini, termasuk Kutai Timur. Sektor pariwisata termasuk wisata halal telah menyumbang devisa yang besar bagi negara dan daerah,” jelas bupati dalam orasinya.

Di akhir orasinya, bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah KUtai Timur juga akan menjalin kerja sama dengan STEI SEBI untuk pengembangan sumberdaya manusia yang siap berkontribusi pada pengembangan ekonomi daerah termasuk wisata halal di Kutai Timur. Penandatangan kesepakatan ini ditandatangani langsung oleh bupati dan disaksikan beberapa pejabat daerah seperti kepala dinas Pariwisata, Ekonomi dan UMKM, Pertanian dan Bidang Kerja Sama Daerah.

Dalam wisuda ini juga ditandatangani beberapa kerja sama, antara lain antara STEI SEBI dan Baznas Kutai Timur, Baznas Pusat, Baznas Kota Depok, Mandiri Amal Insani, UPZ Bank Permata Syariah, Yayasan Karawang Bekasi Madani dan LAZ UCare. Selain itu acara wisuda ini juga menganugerahkan penghargaan kepada lembaga donatur yang telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa STEI SEBI yang diwisuda kali ini, di antaranya Bank Indonesia, Baznas Pusat, Yayasan Kesejahteraan Madani, Baznas Kalimantan Utara, Baznas Provinsi Jawa Barat, Baznas Kota Bekasi, Baznas Kabupaten Bekasi, Mandiri Amal Insani, dan BaitulmalKu.

Dengan adanya kerja sama donatur selama ini dan donatur baru, Direktur SEBI Social Fund (SSF), Aries Hermawan, SEI, MEI mengapresiasi kerja sama pengembangan pendidikan ini. “Kami dari STEI SEBI mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur baik yang lama dan yang baru atas kerja samanya dalam menunjang pengembangan pendidikan di STEI SEBI dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak negeri untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Ini akan menjadi bentuk kontribusi kita bersama dalam mencerdaskan anak bangsa. Kami berpesan kepada semua wisudawan agar memastikan beasiswa ini bermanfaat untuk diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan umat ini. Orang yang terbaik adalah yang banyak memberikan manfaat untuk orang banyak, bukan yang hanya mendapatkan pencapaian diri pribadi,” pesan direktur SSF dalam sesi prakatanya.

Setelah melewati banyak acara, wisuda ini ditutup dengan kesan pesan orang tua dan sambutan kepada alumni 2022 dari Ketua Ikatan Alumni STEI SEBI (ISAS), Hendra, SEI yang juga merupakan Direktur Lembaga Filantropi Ruang Baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image