TBM Lentera Pustaka Raih Penghargaan Kampung Literasi DAP Kabupaten Bogor

Pendidikan dan Literasi  
Eko Sri Haryanti SP dari DAP Kabupaten Bogor (kanan) menyerahkan Penghargaan Kampung Literasi yang diterima M Fadhil (Relawan TBM Lentera Pustaka) di Aula Perpustakaan Kabupaten Bogor hari ini, Jumat (28/10/2022).  (Foto: Dok TBM Lentera Pustaka)
Eko Sri Haryanti SP dari DAP Kabupaten Bogor (kanan) menyerahkan Penghargaan Kampung Literasi yang diterima M Fadhil (Relawan TBM Lentera Pustaka) di Aula Perpustakaan Kabupaten Bogor hari ini, Jumat (28/10/2022). (Foto: Dok TBM Lentera Pustaka)

Destinasi.republika.co.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022, Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kabupaten Bogor memberikan penghargaaan kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka atas prestasi yang telah dicapai sebagai “Kampung Literasi” dalam meningkatkan literasi masyarakat Kabupaten Bogor. Penghargaan diberikan dalam acara “Gebyar Penyerahan Hadiah dan Penghargaan” oleh Eko Sri Haryanti SP dari DAP Kabupaten Bogor yang diterima M Fadhil (Relawan TBM Lentera Pustaka) di Aula Perpustakaan Kabupaten Bogor hari ini, Jumat (28/10/2022).

“Penghargaan ini diberikan khusus kepada TBM Lentera Pustaka yang telah berhasil menjadi Kampung Literasi di Kabupaten Bogor melalui program literasi yang komprehensif dan aktif. Apa yang dicapai TBM Lentera Pustaka ikut meningkatkan indeks literasi masyarakat Kabupaten Bogor. Kami sangat mendukung aktivitas taman bacaan,” ujar H Tb A Luthfi Syam, kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor saat penyerahan penghargaan.

Sebagai pengakuan dari pihak pemerintah daerah di bidang perpustakaan, TBM Lentera Pustaka menilai penghargaan dari DAP Kabupaten Bogor ini menjadi pemicu untuk terus memberi kontribusi nyata terhadap ikhtiar meningkatkan kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat. Di samping untuk menekan angka putus sekolah dan pernikahan dini di kaki Gunung Salak Bogor.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Sejak berdiri lima tahun lalu, TBM Lentera Pustaka sebagai kampung literasi mampu menjadi sentra kegiatan literasi masyarakat dan mengembangkan program literasi yang signifikan,” kata Syarifudin Yunus, Pendiri TBM lentera Pustaka.

Ia menambahkan, penghargaan dari DAP Kabupaten Bogor ini justru jadi motivasi TBM Lentera Pustaka untuk berkiprah lebih gigih dalam gerakan literasi. “Karena itu kami mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan bergabung di aktivitas taman bacaan sebagai ladang amal semua orang. Karena literasi dapat berjalan efektif bila melibatkan banyak pihak, berkolaborasi agar lebih inklusif dan konsisten” ujarnya.

Penghargaan yang diraih TBM Lentera Pustaka ini sekaligus menjadi bukti ikhtiar literasi yang dijalankan di TBM Lentera Pustaka. Sejak berdiri tahun 2017 lalu, TBM Lentera Pustaka saat ini menjalankan 14 program literasi yang terdiri dari: 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, dan 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi.

Selain itu, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb), 13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), dan 14) Rooftop Baca. Dengan koleksi lebih dari 10.000 buku serta didukung 5 wali baca dan 15 relawan, TBM Lentera Pustaka dikenal taman bacaan paling komprehensif dan kreatif. “Tidak kurang dari 250 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya,” ungkap Syarif, panggilan akrabnya.

Perhargaaan dari DAP Kabupaten Bogor ini pun melengkapi catatan prestasi yang diraih TBM Lentera Pustaka selama ini, seperti: 1) ) Ramadhan Heroes dari Tonight Show NET TV, 2) Terpilih 1 dari 30 TBM di Indonesia untuk program “Kampung Literasi” dari Direktorat PMPK Kemdikbudristek RI, 3) Terpilih "31 Wonderful People tahun 2021" kategori pegiat literasi dan pendiri taman bacaan dari Guardian Indonesia, 4) Sosok Inspiratif Spiritual Journey PLN, dan 5) Terpilih sebagai “Jagoan 2021” dari RTV.

Pada November 2022 TBM Lentera Pustaka akan menggelar Festival Literasi Gunung Salak #5, ajang kreasi dan pestanya rakyat taman bacaan sekaligus meluncurkan lima buku seri literasi pertama kali di Indonesia. “Demi tegaknya kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat di tengah gempuran era digital. Salam literasi,” kata Syarifudin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image