Sambut Bulan Bahasa, SMP Prestasi Globar Gelar Lomba Bertema PESONA

Pendidikan dan Literasi  
Salah satu peserta Lomba PESONA dalam rangka Bulan Bahasa yang diadakan oleh SMP Prestasi Global Depok, Kamis (27/10/2022).
Salah satu peserta Lomba PESONA dalam rangka Bulan Bahasa yang diadakan oleh SMP Prestasi Global Depok, Kamis (27/10/2022).

Destinasi.republika.co.id - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, SMP Prestasi Global menggelar kegiatan dengan tema PESONA ( Presgo Santapan dan Olahan Nusantara), pada Kamis (27/10/2022).

Sekolah yang berlokasi di Jalan Palem 1 nomor 1, Mampang Indah Dua Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok itu melaksanakan berbagai macam perlombaan. Salah satunya lomba memasak makanan Nusantara yang berbahan dasar beras. Di antaranya nasi uduk Betawi, nasi tutug Oncom Jawa Barat, nasi megono Jawa Tengah, nasi goreng Padang dan nasi kucing Yogyakarta.

“Lahirnya Bahasa Persatuan menjadi keistimewaan bagi bangsa Indonesia. Sebab, perbedaan suku dan daerah yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia dapat bersatu dengan keberadaan Bahasa Persatuan yaitu bahasa Indonesia. Sehingga dalam kesempatan kali ini sekolah SMP Prestasi Global mengangkat tema ‘PESONA’ dengan tujuan agar peserta didik khususnya SMP Prestasi Global dapat melestarikan masakan dan bahasa Nusantara. Perbedaan suku dan daerah menjadikan kita semua ter-pesona ” ujar Karlinawati selaku kepala Sekolah SMP Prestasi Global.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia menambahkan, kegiatan Bulan Bahasa disambut antusias oleh para peserta didik dan guru . “Nuansa berbusana daerah yang dikenakan oleh para guru dan peserta didik memperlihatkan begitu ragam nya kekayaan daerah selain keragaman masakannya,” ujarnya.

Retno selaku pembina OSIS SMP prestasi Global mengungkapkan , peran serta orang tua dalam mendukung kegiatan Bulan Bahasa tahun ini sangat luar biasa. “Dengan demikian, kegiatan ini memiliki arti bahwa kegiatan yang diadakan oleh sekolah memberi pengaruh baik terhadap peserta didik maupun orang tua,” kata Retno.

Direktur Sekolah Prestasi Global Ahmad Faisal mengatakan ide kreatif dari guru-guru hebat SMP Prestasi Global menjadikan kegiatan Bulan Bahasa tahun ini sangat bermakna. “Karena kegiatan ini mengenalkan keanekaragaman budaya terutama keragaman masakan. Juga mengenalkan nilai-nilai yang merupakan dasar dari keberagaman di Indonesia khususnya pada bidang kuliner,” ujar Ahmad Faisal.

Kegiatan Bulan Bahasa diakhiri dengan pengumuman lomba dan pembagian hadiah. “Harapan dari pihak SMP Prestasi Global, semoga kegiatan ini menumbuhkan sikap toleransi dalam diri peserta didik terkait keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia, ” kata Alin, panggilan akrab Karlinawati.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image