GNRM 2022 di Kampung Cahaya Jadi Kontribusi Nyata UAI Cerdaskan Bangsa

Pendidikan dan Literasi  
Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) melaksanakan kegiatan penyerahan karya dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2022, di Jakarta, Selasa (27/9/2022).
Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) melaksanakan kegiatan penyerahan karya dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2022, di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

DESTINASI -- Pada Selasa (27/9/2022), Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) melaksanakan kegiatan penyerahan karya dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2022 yang merupakan capaian hibah dari Kementerian PM-K bekerja sama dengan YOI Skul (Yayasan Obama Indonesia).

Acara ini ditandai dengan penyerahan karya dari civitas akademika UAI oleh Rektor UAI , Prof Dr Ir Asep Saefudin MSc kepada Ketua YOI Skul.

Selaku PIC (penanngung jawab) program GNRM UAI 2022, Dr Iin Suryaningsih SSMA menyebutkan bahwa program GNRM UAI 2022 terdiri dari tiga kegiatan inti. Pertama adalah Safety Package. Dalam kegiatan ini dihasilkan tiga unit gerobak siap pakai untuk warga Kampung Cahaya, Menteng Pulo, Jakarta. “Gerobak ini hasil karya gotong royong seluruh civitas UAI terdiri dari dosen, mahasiswa, tendik,” ujar Iin Suryaningsih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, Pojok Literasi. Kegiatan ini juga melibatkan kontirbusi aktif seluruh civitas UAI. Dengan membangun kerangka dan fasilitas yang menumbuhkan kesadaran litetasi khususnya bagi anak anak di Kampung Cahaya, Menteng Pulo. “Terdapat beragam bahan bacaan dan fasilitas penunjang di Aula kegiatan warga Kampung Cahaya,” kata Iin.

Ketiga ialah kegiatan BaBuCaTa. Ini merupakan pengajaran baca tulis Alquran untuk anak-anak. “Dengan pembiasan yang intensif anak anak menjadi lebih terampil dan terbiasa dengan huruf hijaiyah sehingga dapat membaca Alquran sesuai kaidah,” ungkap Iin.

Acara ini turut di hadiri Wakil Rektor III, Dr Faisal Hendra Lc MA yang juga turut memberikan sambutan. Selain itu, para wakil rektor, dekan, wakil dekan, Kaprodi, Sekprodi turut mendukung kesuksesan acara.

Kegiatan dilanjutkan pada sore harinya dengan penyampain kesan pesan dari para perwakilan Prodi yang terlibat dalam kegiatan GNRM UAI 2022. Beberapa Prodi sudah merencanakan kegiatan lain untuk keberlanjutan program sesuai dengan keunikan masing masing program studi.

“Seluruh rangkaian kegiatan di Kampung Cahaya ini adalah bentuk upaya kontribusi nyata civitas akademika UAI dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) UAI 2022. Berkontribusi nyata, membangun bangsa dan peradaban,” papar Iin.

Acara diakhiri dengan dongeng kisah Islami untuk anak-anak di Kampung Cahaya yang dibawakan oleh pakar dongeng dengan menarik dan mencerdaskan dengan pesan nilai nilai keteladanan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image