BPW Ar Risalah Sukses Gelar Wakaf Expo 2022

Filantropi  
BPW Ar Risalah menggelar Wakaf Expo 2022 di kampus Ar Risalah Padang, Sumatera Barat. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah pelatihan dan sertifikasi nazhir wakaf.
BPW Ar Risalah menggelar Wakaf Expo 2022 di kampus Ar Risalah Padang, Sumatera Barat. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah pelatihan dan sertifikasi nazhir wakaf.

DESTINASI – Alhamdulillah, berkat kerja sama antarpanitia yang tergabung, Wakaf Expo 2022 BPW Ar Risalah sukses diselenggarakan. Dalam rangkaian kegiatan ini, BPW Ar Risalah menggandeng Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat, Komite Daerah Ekonomi Syariah (KDEKS) dan juga beberapa lembaga keuangan syariah lainnya untuk mendukung suksesnya Wakaf Expo 2022.

Wakaf Expo 2022 yang berlangsung selama enam hari di kampus Ar Risalah Padang, Sumatera Barat, mengusung tema “Maksimalkan Potensi wakaf untuk Kemaslahatan Umat”. Rangkaian kegiatan expo tersebut adalah seminar wakaf; pelatihan dan sertifikasi nazhir; lomba pidato; pameran produk wakaf, bazar, dan tabligh akbar.

Rangkaian Wakaf Expo 2022 ini diawali dengan seminar wakaf yang diadakan pada tanggal 21 September 2022 dan diakhiri dengan assesmen sertifikasi nazhir pada Ahad, 2 Oktober 2022. Wakaf Expo 2022 diikuti sebanyak 36 peserta (asesi) pegiat wakaf di Sumatera, seperti dari Aceh, Riau, Bengkulu, Sumbar, dan beberapa daerah lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Potensi wakaf harus dikelola dengan baik dan profesional. Agar tujuan dari wakaf tersebut bisa tercapai tentunya dibutuhkan tenaga pengelola yang berkompeten. Hal inilah yang menjadi latar belakang BPW Ar Risalah mengangkat pelatihan dan sertifikasi nazhir,” jelas Ustadz H Firman Bahar Lc selaku ketua BPW Ar Risalah.

Pelatihan dan sertifikasi yang diadakan merupakan skema 2 dengan subtopik Pelaksanaan Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf.

Suasana Wakaf Expo 2022 yang diadakan oleh BPW Ar Risalah di kampus Ar Risalah Padang.
Suasana Wakaf Expo 2022 yang diadakan oleh BPW Ar Risalah di kampus Ar Risalah Padang.

Untuk menguji para peserta Sertifikasi, BWI mengutus sembilan orang assesor mumpuni yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. “Untuk tim assesor, kita memberdayakan nazhir yang ada di Sumatera Barat. Sementara dari BWI pusat kita hanya turunkan dua orang. Bentuk kegiatan ujian berbentuk demonstrasi pengelolaan wakaf, ujian tertulis, dan wawancara. Dalam sertifikasi ini diumumkan siapa nazhir yang kompeten atau belum kompeten. Tapi kita berharap semuanya lulus,” terang Ketua Lembaga Sertifikasi dan Pelatihan Wakaf BWI Pusat, Prof Dr Nurul Huda, dalam sambutan pembukaan assesmen di ruangan Aula SMP Perguruan Islam Ar Risalah.

Pelatihan dan sertifikasi ini diadakan di Kompleks Perguruan Islam Ar Risalah, hal ini juga sekaligus menjadi momentum untuk menunjukkan kepada peserta pelatihan dan sertifikasi nazhir aset wakaf yang dikelola oleh Ar Risalah. “Wakaf Expo 2022 dilaksanakan di komplek Ar Risalah, salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan langsung ekosistem ekonomi syariah berbasis wakaf,” ungkap Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah, Ustadz Arwim Al Ibrahimi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image