Rayakan Hari Santri, Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan Tampilkan Aneka Ekstrakurikuler

Khazanah  
Pengurus dan Dewan Guru  Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan. (Foto-foto: Dok Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan)
Pengurus dan Dewan Guru Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan. (Foto-foto: Dok Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan)

Destinasi.republika.co.id -- Memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2022, Pondok Pesantren Vokasional Al Makmun yang beralamat di Jalan Abdul Wahab RT 02/05 Sawangan, Depok melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh para santri yang terdiri dari siswa-siswi Mi Hayatul Islamiyah dan SMP IT Adzikra. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu (22/10/2022) ini juga dihadiri oleh dewan guru, wali santri , pengurus komite sekolah dan beberapa orang masyarakat umum yang sedang melintas.

Semua petugas upacara diemban oleh para santri, sedangkan yang bertindak memberikan amanah upacara adalah pengasuh santri Putra yaitu Abuya KH Mahmud Al Mahbubi SPdI. Dalam amanahnya beliau berpesan agar para santri harus bangga dan bersyukur karena para pendahulunya memiliki kontribusi yang besar dalam menjaga kemerdekaan. “Maka santri harus menunjukan prestasi dan inovasi dalam mengisi kemerdekaan,” kata KH Mahmud Al Mahbubi.

Tim pencak silat Pagar Nusa Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan.
Tim pencak silat Pagar Nusa Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan.

Selepas berakhirnya kegiatan upacara, acara ini dimeriahkan dengan demo ekstrakurikuler. Masing-masing ekstrakurikuler menampilkan berbagai macam ketangkasan dan juga kelebihan yang sudah mereka pelajari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun ekstrakurikuler yang dipelajari di pondok pesantren di antaranya tilawah Alquran, pidato hadrah, pencak silat Pagar Nusa, Pramuka dan juga karate. “Dengan waktu latihan yang relatif singkat untuk mempersiapkan kegiatan ini, para peserta berhasil membius para penonton yang hadir yang menyaksikan penampilan para peserta dengan antusiasme yang tinggi,” kata Pengasuh Ponpes Vokasional Al Makmun KH Ahmad Sujadi MPd.

Para santri Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan berfoto bersama seusai melaksanakan upacara perayaan Hari Santri Nasional, Sabttu (22/10/2022).
Para santri Ponpes Vokasional Al Makmun Sawangan berfoto bersama seusai melaksanakan upacara perayaan Hari Santri Nasional, Sabttu (22/10/2022).

Ia menambahkan, tak jarang di sela-sela peserta ekskul sedang menampilkan ketangkasannya, teriakan apresiasi dan juga tepuk tangan dari para penonton yang menyaksikan sangat riuh. Hal itu karena penampilan para peserta ekskul yang membuat para penonton yang menyaksikan menyambutnya dengan gegap gempita.

Kegiatan tersebut ditutup dengan berziarah ke makam almaghfurlah KH Ma'mun Bin Ta'yin sebagai pendiri pondok pesantren sekaligus pejuang kemerdekaan dan tokoh NU Propinsi Jawa Barat. Kegiatan itu juga dihadiri oleh pengurus dan anggota MWC NU Kecamatan Sawangan dan para Badan Otonominya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image