Sambut Hari Santri, Mahasiswa-Dosen STAIL Surabaya Mabit Bareng

Khazanah  
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIL) Surabaya, mengadakan program Mabit Bareng di Masjid Aqshol Madinah, PP Hidayatullah, Surabaya, Sabtu-Ahad (22-23 Oktober 2022). (Foto-foto: Dok STAIL)
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIL) Surabaya, mengadakan program Mabit Bareng di Masjid Aqshol Madinah, PP Hidayatullah, Surabaya, Sabtu-Ahad (22-23 Oktober 2022). (Foto-foto: Dok STAIL)

Destinasi.republika.co.id -- Dalam rangkan menyambut Hari Santri Nasional 2022, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIL) Surabaya, mengadakan program Mabit (bermalam) bareng pengelola, dosen, dan seluruh mahasiswa program takhasus dan tahfizh bersanad Putra. Kegiatan tersebut diadakan di Masjid Aqshol Madinah, PP Hidayatullah, Surabaya, Sabtu-Ahad (22-23 Oktober 2022).

Acara yang dimulai bakda shalat Isya' itu, diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPW) Hidayatullah, Jawa Timur, Ustadz Amun Rowi.

Dalam sambutannya, ustadz Idris. M.Pd.I, selaku ketua STAIL, mengungkapkan kesyukurannya atas terselenggaranya program mabit perdana itu. "Ini sebuah sejarah tersendiri bagi STAIL, untuk pertama kalinya mengadakan Mabit untuk semua pengelola, dosen dan mahasiswa. Mudah-mudahan akan terus berlanjut dan dipermudah. Sekali dalam sebulan bisa kita istikomahkan," ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain dalam rangka memperingati Hari Santri, ajang Mabit juga dijadikan wahana membangun kedekatan antara dosen dan mahasiswa untuk program beasiswa dan asrama itu.

KH Drs Ec Abdurrahman, Pembina Hidayatullah Surabaya, dalam tausiah bakda Shubuh, mengingatkan para peserta mabit,khususnya mahasiswa, untuk semangat belajar dan membaca. Ia juga mengingatkan agar mahasiswa tidak bermalas-malasan.

"Pemuda itu pemimpin. Pemimpin itu di depan, siap memberikan contoh, dan semua itu diperlukan 'idad (persiapan) yang matang. Salah satunya adalah serius belajar," tegas beliau.

Selain mendengarkan rangkaian tausyiah, para peserta mabit juga melakukan shalat Tahajjud berjamaah, dan olah raga bersama di lapangan milik pesantren.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image