Gandeng Ikapi DKI, PIKK PLN IP Suralaya PGU Gelar Lomba Cerpen

Pendidikan dan Literasi  
PLS General Manager Suralaya PGU, Bowo Pramono. (Foto: Istimewa)
PLS General Manager Suralaya PGU, Bowo Pramono. (Foto: Istimewa)

Destinasi.republika.co.id -- Globalisasi membuat semuanya menjadi semakin mudah dan terbuka. Maka, salah satu hal terpenting dalam menghadapi era globalisasi yaitu dengan gerakan literasi dimana sebagai individu, masyarakat dan juga bangsa mempunyai kemampuan dalam membaca dan menulis.

Untuk itu, tradisi dan budaya literasi yang baik di masyarakat perlu ditumbuhkan. Sehingga, informasi yang diterima dapat dimanfaatkan dengan memperhatikan etika dan bertanggung jawab.

Atas dasar itulah Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN Indonesia Power Suralaya PGU -- sebagai wadah kreativitas bagi keluarga Suralaya khususnya dan masyarakat pada umumnya -- perlu berkontribusi menumbuhkan tradisi dan budaya literasi yang baik. PIKK PLN IP Suralaya PGU bekerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Cabang DKI Jakarta didukung oleh Manajemen Suralaya PGU dan jajarannya menggelar Lomba Cerpen pada tahun ini sebagai salah satu program Sie Pendidikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lomba Cerpen yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-77 ditujukan untuk keluarga besar Suralaya PGU baik karyawan maupun ibu ibu PIKK PLN IP Suralaya PGU itu bertajuk “Listrik Untuk Kehidupan”, yang dimulai pada 23 September hingga 14 Oktober 2022.

Terkait pelaksaanaan Lomba Cerpen, “Listrik Untuk Kehidupan” Bowo Pramono, selaku PLS General Manager Suralaya PGU menyambut baik kegiatan ini. “Kami berharap lomba cerpen dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ini dapat menghasilkan penulis-penulis yang mempunyai daya kreativitas dan daya imajinasi tinggi, yang akan menghasilkan ide-ide kreativitas yang baru, melalui sebuah karya tulis.dan dapat menunjang kinerja dan profesionalisme,” ujarmya Rabu (26/10/2022).

Bowo Pramono memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PIKK PLN IP Suralaya PGU, yang berpartisipasi dalam menumbuhkan literasi, bukan hanya membaca tapi juga menulis dengan menyelenggarakan suatu lomba yang untuk saat ini mungkin dirasa kurang popular yaitu lomba menulis cerpen.

“Hal ini menunjukkan semangat yang luar biasa dari ibu-ibu PIKK untuk ikut andil dalam mendorong minat untuk menulis, patut diacungi jempol,” ujarnya.

Bowo Pramono mengutip kata dari Kuntowijoyo yg mengatakan: "Syarat untuk menulis ada tiga yaitu : menulis, menulis dan menulis."

Senada dengan Bowo Pramono, Ketua PIKK PLN IP Suralaya PGU Heny Bowo menyebutkan, event lomba ini akan memberikan semangat baru bagi keluarga Suralaya untuk menuangkan kreativitas, imajinasi dengan menulis yang nantinya dapat dilanjutkan dengan program program terkait literasi lainnya.

Ketua Ikapi DKI Jakarta, Hikmat Kurnia. (Foto: Istimewa)
Ketua Ikapi DKI Jakarta, Hikmat Kurnia. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Hikmat Kurnia, ketua Ikapi DKI Jakarta, selaku ketua Dewan Juri Lomba Cerpen, “Listrik Untuk Kehidupan” menyebutkan, “Setiap orang itu sejatinya punya pengalaman hidup yang unik, yang mengandung banyak pembelajaran. Lewat menulis sejatinya kita berbagi hikmah, menebar kemanfaatan, dan menabur kebajikan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk sesama umat manusia”.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2022 yang bertepatan dengan Hari Listrik Nasional di Gedung Suralaya PGU, Merak, Banten.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image