BWA Raja Ampat Mengaji, Mengangkat Eksistensi Muslim di Papua Barat

Khazanah  
Badan Wakaf Alquran (BWA) menggelar BWA Raja Ampat Mengaji di empat wilayah, pada 23-27 Oktober 2022. (Foto-foto: Dok BWA) 
Badan Wakaf Alquran (BWA) menggelar BWA Raja Ampat Mengaji di empat wilayah, pada 23-27 Oktober 2022. (Foto-foto: Dok BWA)

Destinasi.republika.co.id-- Setelah sukses mengadakan kegiatan di Karimata Mengaji, Jogja Mengaji, dan empat kota lainnya (Riau, Jakarta, Bekasi dan Cimahi), Badan Wakaf Alquran (BWA) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan Indonesia Mengaji. Kali ini diadakan di Raja Ampat, Kabupaten Papua Barat, yang bertajuk Raja Ampat Mengaji. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BWA untuk menghadirkan pembinaan dalam bentuk Syiar dan Tabligh Akbar di seluruh wilayah pelosok yang telah menerima distribusi Alquran wakaf

Sebagai informasi, di wilayah Papua Barat, BWA telah mendistribusikan sebanyak 60.000 Alquran wakaf. Selain itu tujuan diadakannya Tabligh Akbar di Raja Ampat Papua Barat ini adalah untuk memperkenalkan kepada dunia luar khususnya Indonesia akan keberadaan Islam di Papua.

Suasana Tabligh Akbar dalam rangka BWA Raja Ampat Mengaji di Masjid Nurul Huda Kampung Sakabu Salawati Tengah, Papua Barat.
Suasana Tabligh Akbar dalam rangka BWA Raja Ampat Mengaji di Masjid Nurul Huda Kampung Sakabu Salawati Tengah, Papua Barat.

Raja Ampat Mengaji diselenggarakan selama lima hari berturut-turut sejak 23 Oktober 2022 sampai 27 Oktober 2022. Kegiatan itu diadakan di empat wilayah sekaligus, yaitu Masjid Agung Waisai, Kampung Kalobo Salawati Tengah, Lapangan Harapan Jaya Distrik Misool dan terakhir di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong. Kali ini BWA mengajak Ustadz Hilmi Firdausi dan Teteh Khadijah Peggy Melati Sukma untuk berkeliling memberikan tausiyah bagi Warga Raja Ampat Papua Barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan Tabligh Akbar yang diawali di Masjid Agung Waisai pada 23 Oktober 2022 mendapat sambutan yang meriah dari warga, tanpa terkecuali sambutan dari Sekda Raja Ampat, Dr Yusuf Salim MSi. “Kami selaku pelaksana pemerintahan di Kabupaten Raja Ampat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan akhlaqul karimah warga masyarakat dan menunjukkan eksistensi muslim di Papua Barat ini,” kata Dr Yusuf Salim MSi.

Warga kampung Kalobo Salawati tengah juga tidak kalah semangatnya. Pada hari kedua Tabligh Akbar diadakan di Masjid Nurul Huda Kampung Sakabu Salawati Tengah, warga yang sebagian besar kaum ibu turut hadir dan khusuk mendengarkan tausiyah dari para narasumber. “Alhamdulillah warga Kampung Kalobo sangat senang dengan kehadiran Ustadz dan Ustadzah ke sini. Selama ini belum pernah sekalipun kami didatangi penceramah dari Jakarta. Terima kasih, BWA,” tutur Ustadz Dwi Irianta selaku penggerak dakwah di Kampung Kalobo, Salawati Tengah.

Lokasi ke-3 Tabligh Akbar diadakan di Distrik Misool. Sengaja panitia menyiapkan acara di lapangan Harapan Jaya karena ternyata antusiasme warga untuk datang ke lokasi sangat besar. Di tengah cuaca panas, warga tetap semangat berbondong-bondong hadir ke lokasi walaupun harus menyeberangi lautan selama kurang lebih dua jam menggunakan kapal kayu.

Suasana Tabligh Akbar dalam rangka BWA Raja Ampat Mengaji di Distrik Misool, Papua Barat.
Suasana Tabligh Akbar dalam rangka BWA Raja Ampat Mengaji di Distrik Misool, Papua Barat.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh H Harun Sapua selaku pimpinan Distrik Misool. “ini adalah acara Tabligh Akbar yang terbesar dan pertama di Raja Ampat khususnya Distrik Misool Raya. Kami warga Misool sangat terharu dengan kepedulian BWA terhadap perkembangan dakwah di sini. Terlebih lagi sekarang membawa sekaligus dua orang penceramah nasional untuk datang ke Raja Ampat. Ini suatu keberkahan yang besar,” ungkapnya sambil menangis.

Kegiatan ditutup dengan Tabligh Akbar di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong pada Kamis, 27 Oktober 2022. Jamaah yang hadir sangat banyak dan antusias mendengarkan tausiyah dari Ustadz Hilmi Firdausi dan Teh Khodijah Peggy Melati Sukma.

Melalui kegiatan Raja Ampat mengaji ini, BWA menargetkan sosialisasi projek-projek di Papua dapat lebih maksimal dan dapat segera terwujud sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Papua Barat pada umumnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image