Dukung Peningkatan Kapasitas Diri, BMH Gelar Pelatihan Dai

Filantropi  
BMH Sumut menggelar Pelatihan Dai di Deli Serdang, 27- 30 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti 35 dai dan 70 daiyah dari berbagai daerah di Sumatera Utara. (Foto-foto: Dok BMH)
BMH Sumut menggelar Pelatihan Dai di Deli Serdang, 27- 30 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti 35 dai dan 70 daiyah dari berbagai daerah di Sumatera Utara. (Foto-foto: Dok BMH)

Destinasi.republika.co.id-- Guna meningkatkan kapasitas diri dan menguatkan peran kiprah dai dalam bertugas, BMH Sumut menggelar Pelatihan Dai di Deli Serdang pada 27 hingga 30 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti 35 dai dan 70 daiyah dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

“Hal ini sebagai langkah konkret BMH dalam memberikan kontribusi pada stabilisasi dan konsistensi dai dalam membina umat dan merawat nilai-nilai kebangsaan, khususnya di berbagai penjuru pedalaman Sumatera Utara. Terlebih saat ini, keterbukaan informasi dan digitalisasi kehidupan, sehingga diperlukan wawasan dan keterampilan dalam menyikapinya, agar hal tersebut dapat dimaksimalkan untuk mendukung gerak dakwah semakin luas,” terang kepala divisi program dan pendayagunaan BMH Sumut, Lukman BAMS, Rabu (2/11/2022).

Pelatihan Dai kali ini dihadiri empat narasumber utama, yakni Hamim Tohari, Abu A’la Abdullah, Nasfi Arsyad dan Muhammad Sholeh, semuanya didatangkan oleh panitia dari Jakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beragam materi yang disampaikan seluruhnya bersifat terapan. Hal itu karena pemateri adalah figur-figur yang telah malang melintang di dunia dakwah dan pembinaan masyarakat. ‘’Apa yang mereka sampaikan sangat aplikatif,” ujar Lukman.

Sebanyak 70 daiyah mengikuti Pelatihan Dai di Deli Serdang, 27-30 Oktoiber 2022.
Sebanyak 70 daiyah mengikuti Pelatihan Dai di Deli Serdang, 27-30 Oktoiber 2022.

Para peserta mengaku sangat senang mendapatkan pelatihan tersebut. Hal itu mendorong mereka kian semangat dan tertantang dengan perkembangan dinamika masyarakat saat ini yang semakin maju dan berkembang.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Di dalamnya ada materi bagaimana kita harus menata niat dalam dakwah, improvisasi, mindset, benturan budaya, respons antarlembaga dakwah hingga konstelasi global dakwah Islam. Sangat-sangat bermanfaat. Dan, insya Allah ini semakin memacu kami lebih antusias ke depan dalam berdakwah,” ujar Musyadi, dai yang mendapat tugas dakwah di Kepulaun Nias.

Lukman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik personal maupun korporasi yang telah mendukung acara ini secara penuh. Antara lain, PT Pegadaian, Pos Indonesia, PT Sucofindo, Universitas Negeri Medan, dan Pondok Kue Nabila. “Semoga sinergi ini menjadi jalan hadirnya pahala dan keberkahan kepada kita semua,” ujar Lukman.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image