Rektor UIN Ar-Raniry Menjadi Delegasi R20 Tahun 2022 di Bali

Khazanah  
Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menjadi salah satu Delegasi Forum Agama G20 Forum Religion Twenty (R20) tahun 2022 di Bali, 2-3 November 2022. (Foto: Dok UIN Ar-Raniry)
Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menjadi salah satu Delegasi Forum Agama G20 Forum Religion Twenty (R20) tahun 2022 di Bali, 2-3 November 2022. (Foto: Dok UIN Ar-Raniry)

Destinasi.republika.co.id-- Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menjadi salah satu Delegasi Forum Agama G20 Forum Religion Twenty (R20) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Liga Muslim Dunia di Bali, 2-3 November 2022.

Forum Agama G20, atau R20 tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa agama berfungsi sebagai sumber solusi yang sejati dan dinamis daripada masalah di abad ke-21. Melalui R20 pula diharapkan dapat mencegah munculnya gerakan masalah global.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terhormat bisa berpartisipasi dalam agenda besar ini yaitu Forum Agama G20 memanfaatkan KTT “Kelompok 20” (G20), pertemuan tahunan negara-negara paling kuat secara ekonomi di dunia, untuk membantu memastikan bahwa agama di abad ke-21 berfungsi sebagai sumber solusi yang asli dan dinamis, bukan sebagai masalah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Melalui kegiatan ini kita berharap akan ada suatu rekomendasi penting bagi Perguruan Tinggi dalam mempromosikan solidaritas dan rasa hormat di antara beragam masyarakat, budaya dan bangsa di dunia,” ujarnya melalui rilis, Rabu (2/11/2022).

Kegiatan tersebut diikuti 464 peserta dan 170 di antaranya dari luar negeri yang berasal dari lima benua, terdiri dari pemimpin agama, sekte dan aliran kepercayaan. Selain dihadiri oleh seluruh Forum Agama G20, juga hadir Sekretaris Jenderal Rabitah al-'Alam al-Islami atau Liga Muslim Dunia, Syekh Mohammed Al-Issa dan tokoh nasional, di antaranya Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas, Menteri BUMN Erik Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD serta para tokoh nasional lainnya seperti Yenni Wahid, Alwi Shihab, Mohd Nuh dan beberapa tokoh lain.

Dikutip dari nu.or.id, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menyatakan bahwa Forum R20 merupakan ruang dialog antaragama dengan konsep anyar yakni mengedepankan prinsip kejujuran. Refleksi tersebut dianggapnya efektif untuk menjawab permasalahan dunia.

Adapun topik yang akan dikaji pada forum R20 meliputi Historical Grievances (Kepedihan Sejarah), Pengungkapan Kebenaran, Rekonsiliasi, dan Pengampunan; Mengidentifikasi dan Merangkul Nilai-Nilai Mulia yang Bersumber dari Agama dan Peradaban Besar Dunia; Rekontekstualisasi Ajaran Agama yang Usang dan Bermasalah; Mengidentifikasi Nilai-Nilai yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan dan Menjamin Koeksistensi Damai; dan Ekologi Spiritual.

Presiden Joko Widodo dalam sambutan yang ditayangkan lewat video saat pembukaan R20 mengajak para delegasi negara yang hadir untuk bertukar gagasan demi meningkatkan kontribusi agama dalam penyelesaian masalah dunia.

"Kehadiran Bapak dan Ibu di forum ini sangat membanggakan kami. Indonesia ingin belajar dari Bapak Ibu sekalian yang hadir dari berbagai negara. Kami rakyat Indonesia juga siap berbagi pengalaman," kata Presiden Jokowi, Selasa (2/11/2022).

Menurut Presiden Jokowi, para tokoh dunia dari berbagai agama harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu, dan dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kemajemukan yang dimiliki Indonesia mulai dari suku, bahasa, hingga agama yang dipersatukan oleh ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

R20 yang berlangsung di Grand Hyatt Nusa Dua Bali ini dihadiri 150 tokoh lintas agama dunia dan 250 partisipan domestik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image