Siswa SMA Quran Asy Syahid Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat

Pendidikan dan Literasi  
Siswa kelas 11 SMA Quran Asy Syahid melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, 7-11 November 2022. (Foto-foto: SMA Quran Asy Syahid)
Siswa kelas 11 SMA Quran Asy Syahid melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, 7-11 November 2022. (Foto-foto: SMA Quran Asy Syahid)

Destinasi.republika.co.id-- Siswa kelas 11 SMA Quran Asy Syahid melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat, Senin, 7-11 November 2022 ini merupakan aplikasi pembelajaran langsung di masyarakat mengenai kehidupan sehari-hari, aktivitas keagamaan, pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, dan berwawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang beragam.

Kepala SMA Quran Asy Syahid, Mansur menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar para siswa belajar dan mengenal langsung ragam sosial kemasyarakatan. Belajar bertani dan profesi lain di masyarakat, praktik mengajar ngaji, mengajar di PAUD dan SD, serta bergabung dalam aktifitas kegiatan kemasyarakatan.

“Juga belajar menerima dan bersikap dengan baik terhadap perbedaan, melatih untuk berempati dan peduli terhadap orang lain terutama yang memerlukan bantuan,” kata Mansur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada acara pembukaan yang dilaksanakan di kantor desa, Atikah Shalihah selaku kepala Desa Sukaharja menyampaikan sambutan baik dengan tangan terbuka dan dukungan dilaksanakannya Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di desa yang dipimpinnya ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, maka harapan kami bukan hanya dilaksanakan di satu dusun, tapi di semua dusun temasuk di wilayah Gunung Batu,” ujarnya.

Rini Pura Kirana, ketua Yayasan Perkasa Mandiri Cemerlang yang membawahi SD, SMP dan SMA Quran Asy Syahid sangat mendukung kegiatan PPM ini. “Kegiatan ini sangat positif, bermanfaat baik bagi sekolah, pemerintah setempat, masyarakat dan tentu bagi para siswa. Terima kasih, kegiatan perdana ini terselenggara dengan baik,” kata Rini.

Sekretaris Desa Sukaharja, Adi yang mendampingi dan mendukung kegiatan PPM ini sejak survei hingga akhir acara, turut bangga terharu karena kegiatan berjalan dengan baik dari pembukaan hingga penutupan.

“Terima kasih kepada yayasan dan SMA Quran Asy Syahid. Kami tidak bisa membalasnya. Semoga ini menjadi catatan amal saleh yang balasannya dari Allah SWT. Kami tunggu kegiatan ini untuk tahun yang akan datang,” tuturnya.

Para siswa SMA Quran As Syahid sangat senang melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, 7-11 November 2022.
Para siswa SMA Quran As Syahid sangat senang melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, 7-11 November 2022.

Para siswa peserta PPM antusias mengadakan kegiatan sejak dari awal. Bekerja sama dengan adik-adik kelas dan komite, dibantu oleh para guru dan kryawan sekolah, para siswa mengumpulkan sekitar 250 bingkisan sembako untuk dibagikan. Beberapa boks Alquran, sajadah dan mukena untuk masjid dan mushalla. Boneka, buku bacaan dan buku serta alat tulis untuk sekolah di sana. Dan beberapa boks pakaian untuk dibagikan di masyarakat.

Para siswa secara berkelompok ditempatkan di rumah warga dengan jarak cukup jauh antara kelompok satu dan kelompok lainnya. Dini dan kelompoknya, setelah menempati rumah untuk tinggal langsung menyesuaikan kegiatan dan rencana yang telah dibuat serta mengkonfirmasikannya ke guru pembimbing dan Pak RW.

“Wah asyik di sini, makananya enak-enak, bikin betah,” kata Daghfal mewakili kelompok anak laki-laki.

“Kami dimanjakan dengan pemandangan gunung dan udara yang sejuk, serta masyarakat yang ramah. Anak-anak di sini juga seneng belajar dan bermain bersama kami. Kami mohon kepada yayasan dan sekolah agar kegiatan ini diperpanjang waktunya,” kata Aisyah Dinar/ Caca. Khansa yang pada hari pertama tidak bisa ikut karena sakit, segera menyusul dan antusias mengikti semua kegiatan bersama kelompoknya.

Kegiatan PPM ini meberi kesan tersendiri bagi masyarakat. Pak Jejen, ketua RW 04 sangat antusias mengawal kegiatan ini dan sempat membawa para siswa untuk praktik di kebun cabe kriting yang dikelolanya. “Terima kasih PPM diadakan di tempat kami, mohon maaf kalau ada kurang ya,” kata Pak Jejen.

Beni, salah seorang warga yang rumahnya dijadikan tempat mukim salah satu kelompok PPM merasa senang dengan ada kegitan ini. “Saya, istri dan anak-anak sangat senang, rumah kami jadi rame dan seru, anak-anaknya juga baik-baik. Kalau bisa sih waktunya ditambah,” ujarnya.

Beberapa warga dan anak-anak terlihat sedih dan berlinang air mata ketika perpisahan dan acara penutupan.

Program Pengabdian Masyarakat SMA Quran Asy Syahid mendidik para siswa untuk mengerti dan berinteraksi dengan masayakat, sehingga bisa bersikap dan ambil peran, memberi manfaat dalam kehidupan baik di masa sekolah, kuliah apalagi bekerja dan menjadi bagian langsung dari masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image