Dosen Farmasi Uhamka Laksanakan Pengabdian Masyarakat di LPKA Kelas II Bandung

Pendidikan dan Literasi  
Dosen Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. (Foto: Dok Uhamka)
Dosen Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. (Foto: Dok Uhamka)

Destinasi.republika.co.id- Pengabdian masyarakat merupakan bagian Tridharma Preguruan Tinggi yang mesti dilakukan oleh dosen dalam menunjang kegiatan akademis. Beberapa program Pengabdian yang didanai oleh Kementrian RistekDikti menyasar pada semua lapisan masyarakat, baik di lingkungan pemukiman, pendidikan, dan lembaga-lembaga lainnya.

Tim Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), pada periode bulan Juni-November 2022 berhasil mendapatkan dana Hibah Pengabdian Masyarakat dari KemenRisTekDikti dengan mitra Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Kegiatan ini juga atas dukungan penuh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka.

Pilihan mitra berdasarkan alasan perlunya pengembangan kemandirian dan pembinaan rasa percaya diri kepada para remaja yang karena alasan tertentu (tindak kriminal) mereka harus menjalani pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Melalui tema “Pelatihan Pembuatan Sabun cair Rumah Tangga dan Kiat Memasarkannya Sebagai Produk Rumahan Bagi Peserta Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung”, Tim pelaksana yang diketuai oleh Anisa Amalia MFarm. memberikan pencerahan dan wawasan bagi anak didik permasyarakatan (Andikpas) yang rata-rata kelompok usia 14-19 tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap, meliputi peninjauan lokasi mitra yang dihadiri langsung oleh Ketua LPPM Uhamka, Dr Gufron Amirullah MPd, penandatangaan n perjanjian kerja sama (PKS) antara LPPM Uhamka dan LPKA II, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring evaluasi kegiatan,” kata Anisa Amalia MFram melalui rilis, Rabu (16/11/2022).

Pelaksanaan kegiatan berlangsung Senin, tanggal 24 Oktober yang diawali penandatanganan PKS diwakili Sekretaris LPPM Uhamka, apt Ari Widayanti MFarm dan Plt Kepala LPKA II Bandung, Indri Apriyanti AMdIP SSos MSi.

“Kerja sama sebaiknya berlanjut hingga terwujud suatu usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) melalui produk hasil karya Andikpas di lingkungan LPKA kelas II,” kata Indri Apriyanti menyatakan harapannya.

Pemaparan materi dan pelatihan pembuatan sabun cair disampaikan oleh anggota tim pelaksana yaitu Dr apt Fith Khaira Nursal MSi dan ap Nining MSi serta didampingi beberapa orang mahasiswa. “Produk sabun dibuat dari bahan aktif sari buah nanas, karena kandungan yang bermanfaat serta mudah diperoleh,” kata Khaira Nursal.

Pengenalan ruang lingkup usaha melalui materi spirit kewirausahaan disampaikan oleh Faizal Ridwan Zamzany SE MMAWP, salah seorang staf penggajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka. Ia membuka wawasan peserta untuk bisa mewujudkan usaha kelak setelah mereka kembali di tengah keluarga dan masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image