Siswa KB-TK Prestasi Adakan Kunjungan Edukatif ke Pelita Desa

Pendidikan dan Literasi  
Siswa/i KB-TK Prestasi Depok melaksanakan kegiatan kunjungan edukatif ( Kutif ) ke Pelita Desa, yang berlokasi di Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis ( 17/11/2022). (Foto: Dok Sekolah Prestasi Global)
Siswa/i KB-TK Prestasi Depok melaksanakan kegiatan kunjungan edukatif ( Kutif ) ke Pelita Desa, yang berlokasi di Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis ( 17/11/2022). (Foto: Dok Sekolah Prestasi Global)

Destinasi.republika.co.id- Sekolah KB-TK Prestasi yang beralamat di Jalan Palem I nomor 1 Mampang Indah Dua, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok mengadakan kegiatan kunjungan edukatif (Kutif). Kutif itu dilaksanakan di Pelita Desa, yang berlokasi di Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022).

“Kegiatan kunjungan edukatif (Kutif) ini bertujuan untuk melatih anak-anak dalam hal motorik kasar, kemandirian kedisiplinan, kerja sama, keberanian dan life skill seperti ; naik rakit, menangkap ikan, menanam padi, mengenal padi, menampih dan menumbuk padi, memerah susu sapi sekaligus merasakan minuman susu sapi langsung, membajak sawah dengan kerbau, latihan keseimbangan berjalan di titian jembatan tali, flying fox dan lain-lain,” kata Sulistiowarti selaku kepala KB-TK Prestasi.

Ia menambahkan, meskipun cuaca hujan, anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan kunjungan edukatif tersebut. “Setelah sekian lamanya menghadapi pandemi Covid-19, kali ini dapat terlaksana kegiatan kunjungan edukatif. Para orang tua murid pun sangat antusias mendampingi putra- putrinya mengikuti kegiatan kunjungan tersebut,” ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum keberangkatan, kepala sekolah KB-TK Prestasi berpesan agar para siswa bersabar untuk menunggu teman-teman yang belum hadir karena saat itu cuaca sedang hujan dan kemacetan terjadi di sekitar pintu tol Sawangan sampai Depok Town Center (DTC).

Rangkaian kegiatan diawali dengan berdoa sebelum berangkat yang dipimpin oleh ibu guru kelas masing-masing. Kemudian para siswa memasuki bus yang sudah disediakan, berjumlah enam bus. Mereka diikuti oleh para ayah dan bunda KB-TK Prestasi.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, rombongan sampai di lokasi. “Alhamdulillah, setibanya di lokasi, anak-anak dapat melaksanakan kegiatan kunjungan dengan baik dan tertib serta dapat selalu menjaga disiplin mengikuti instruksi ibu guru masing-masing,” kata Sulistiowarti.

Para siswa/i disambut oleh pengelola wahana dan langsung disuguhi permainan yang menyenangkan, sehingga anak-anak berani melakukan rangkaian kegiatan satu per satu dengan perasaan gembira. "Semangat kegiatan terus diberikan pada anak-anak sehingga yang tadinya takut atau sedih jadi berani dan dapat menikmati kegiatan dengan baik," tuturnya.

Selesai permainan anak-anak langsung menuju tempat outbound, seperti berjalan di titian tali, berjembat, menanam padi, mengenal padi, menampih dan menumbuk padi, memerah susu sapi sekaligis merasakan susu sapi langsung, membajak sawah dengan kerbau, latihan keseimbangan, naik rakit, flying fox, menangkap ikan, dan masih banyak lagi permainan lainnya.

“Anak-anak KB-TK Prestasi sangat antusias mengikuti kegiatan Kutif tersebut. Mereka tampak sangat gembira. Apalagi selama dua tahun pandemi sangat membatasi kerumunan dan pergerakan orang,” ujar Direktur Sekolah Prestasi Faisal Ahmad Faisal.

Ia mengemukakan, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapat dengan cara yang menyenangkan. “Tentunya kegiatan Kutif selanjutnya akan dikemas dengan sesuatu yang baru dan penuh dengan ilmu pengetahuan serta kebaikan bagi anak-anak semua,” kata Ahmad Faisal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image