Siswa SMA Bosowa Al Azhar Raih Juara 1 Lomba Desain Poster Se-Kota Cilegon

Pendidikan dan Literasi  
Muhammad Aldi Tirtana, siswa kelas 11 SMA Bosowa Al Azhar berhasil meraih juara 1 dalam lomba desain poster tingkat SMA se-Kota Cilegon, yang diadakan oleh Universitas Al-Khairiyah Cilegon (Unival), Selasa (22/11/2022).  (Foto: Dok Sekolah Bosowa Al Azhar Cilegon)
Muhammad Aldi Tirtana, siswa kelas 11 SMA Bosowa Al Azhar berhasil meraih juara 1 dalam lomba desain poster tingkat SMA se-Kota Cilegon, yang diadakan oleh Universitas Al-Khairiyah Cilegon (Unival), Selasa (22/11/2022). (Foto: Dok Sekolah Bosowa Al Azhar Cilegon)

Destinasi.republika.co.id- Muhammad Aldi Tirtana, siswa kelas 11 SMA Bosowa Al Azhar berhasil meraih juara 1 dalam lomba desain poster tingkat SMA se-Kota Cilegon, Selasa (22/11/2022). Lomba desain poster tersebut merupakan rangkaian lomba yang diadakan oleh Universitas Al-Khairiyah Cilegon (Unival) guna memperingati Hari Pahlawan pada 10 November lalu.

“Nggak nyangka, karena sempat kaget tadi pas lomba temanya diganti. Aku aja sih yang kaget, peserta lain biasa aja. Dari yang temanya bebas jadi harus mendesain poster wajah salah satu pahlawan nasional, KH Syam’un. Tapi akhirnya selesai juga,” kata Aldi dengan mimik wajah lega sekaligus terharu.

Aldi menggunakan aplikasi Clip Studio Paint dalam mendesain poster wajah Brigjen KH Syam'un. KH Syam’un merupakan cucu dari Kiai Wasid yang merupakan pemimpin perjuangan Geger Cilegon pada 1888 melawan Belanda. Lahir pada tahun 1883, KH Syam'un menjadi pelopor pengajaran Islam tradisional melalui Al-Khairiyah di Banten yang kemudian tersebar di Jawa sampai Sumatera. Pada tahun 2018 lalu, Presiden Jokowi resmi menganugerahi Brigjen KH Syam'un menjadi Pahlawan Nasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.Peringatan Hari Pahlawan tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan yang juga menjabat sebagai dosen Unival, yakni HM Juju Adiwikarta ST MT. Agenda kemudian dilanjutkan dengan acara lomba yang masing-masing bertempat di aula Unival, laboratorium Unival, dan ruang kelas Unival.

Setidaknya ada lima mata lomba dalam peringatan Hari Pahlawan tersebut. Yakni lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD, lomba pembacaan puisi tingkat SMP dan SMA, lomba pidato orasi tingkat mahasiswa, dan lomba desain poster tingkat SMA.

Tidak hanya mengadakan aneka perlombaan saja, panitia Unival juga menyuguhkan penampilan dari beberapa peserta didiknya di sela acara. Seperti Bandrong (seni bela diri khas Banten), hingga tarian tradisional.

Semoga di kemudian hari semakin banyak siswa-siswi Bosowa yang berani unjuk gigi di beragam perlombaan dan menorehkan prestasi. Baik di bidang akademik maupun nonakademik. Bukan semata untuk mengejar piala, tapi tentang melatih keberanian diri untuk mencoba.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image